Zuhrif: Prolegda DIY 2015 Perlu Dikawal Bersama

Bagikan:

Yogyakarta - Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2015 yang telah diumumkan kepada masyarakat luas melalui media massa sejak 23/12/2014 ya...


Yogyakarta - Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2015 yang telah diumumkan kepada masyarakat luas melalui media massa sejak 23/12/2014 yang lalu belum mendapatkan tanggapan yang berarti dari masyarakat dan  masih memerlukan saran serta masukan dari masyarakat luas. Hal ini disinyalir karena masih belum masifnya sosialisasi kepada publik melalui berbagai media termasuk kesempatan reses beberapa saat yang lalu.

Peneliti kebijakan publik dari Pusat Studi Ekonomi Indonesia (PUSPA), Slamet Raharjo menanggapi pengumuman  Prolegda di media massa menyampaikan bahwa pentingnya keterbukaan informasi didalam pembangunan daerah.

"Prolegda adalah dokumen terbuka yg harus diumumkan kepada publik agar publik mampu memberikan masukan kepada setiap rencana pembangunan daerah sebagai cermin keterbukaan pengelolaan pemerintahan daerah. Disatu sisi masyarakat dan para akademisi juga perlu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik agar sisi pengawasan masyarakat dapat berjalan dengan optimal" ungkap Slamet.

Didalam publikasinya, DPRD DIY telah menyusun 25 Raperda yang terdiri dari 19 inisiatif Pemda DIY dan 6 Inisiatif DPRD DIY. Didalam rancangan Prolegda 2015 tersebut juga terdapat 6 Raperda yang merupakan turunan dari urusan keistimewaan DIY.

Terpisah, Ketua Badan Pembentukan Perda/Perdais Muhammad Zuhrif Hudaya menyatakan bahwa Prolegda ini disusun untuk mampu menjawab kebutuhan masyarakat (public interest) dan tuntutan zaman (future interest).

"Hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana setiap perda ini disusun agar mampu berpihak kepada masyarakat banyak dan memenuhi tuntutan globalisasi," ucapnya.

Zuhrif pun mengungkapkan bahwa saran dan masukan terhadap penyusunan Prolegda masih ditunggu hingga hari Rabu pagi pukul 10.00 WIB karena disaat yang sama akan dilaksanakan finalisasi oleh Bapem Perda dan direncanakan akan ditetapkan pada Rapat Paripurna DPRD siangnya (31/12/2014).

"Masukan dan saran dari masyarakat sangat dibutuhkan agar kinerja pembangunan daerah dapat terawasi dengan baik utamanya pada Raperda yang diinisiasi dewan maupun pemda DIY," ujar Zuhrif.

Zuhrif yang juga politisi PKS ini menambahkan bahwa didalam Prolegda 2015 terdapat segenap persoalan yg selama ini menjadi pekerjaan rumah dan keresahan bagi Pemda dan masyarakat DIY.

"Beberapa Raperda yang penting untuk dibahas diantaranya adalah Raperda tentang beberapa kewenangan keistimewaan DIY yang sudah berlarut-larut, Raperda tentang Minuman Beralkohol yg mengancam generasi muda dan Raperda tentang Transportasi wilayah yang berkaitan dengan kepadatan dan kemacetan transportasi DIY. Beberapa hal ini penting untuk dikawal bersama". Pungkas Zuhrif.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Zuhrif: Prolegda DIY 2015 Perlu Dikawal Bersama
Zuhrif: Prolegda DIY 2015 Perlu Dikawal Bersama
https://3.bp.blogspot.com/-h-_1xLm8mkI/VKFgiA949hI/AAAAAAAAAOA/UJ3IwCXFjvE/s1600/IMG_6169.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-h-_1xLm8mkI/VKFgiA949hI/AAAAAAAAAOA/UJ3IwCXFjvE/s72-c/IMG_6169.JPG
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2014/12/Zuhrif-Prolegda-DIY-2015-Perlu-Dikawal-Bersama.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2014/12/Zuhrif-Prolegda-DIY-2015-Perlu-Dikawal-Bersama.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy