FPKS Dorong DIY Tetapkan Hari Jadi

Bagikan:

Yogyakarta - “Hari perpindahan dari Ambarketawang ke Keraton Jogja pada 7 Oktober 1756 telah diperingati sebagai Hari Jadi Kota Jogja. ...


Yogyakarta - “Hari perpindahan dari Ambarketawang ke Keraton Jogja pada 7 Oktober 1756 telah diperingati sebagai Hari Jadi Kota Jogja. Itu juga telah diperdakan. Sekarang untuk Hari Jadi DIY, sebenarnya kapan?” tanya Zuhrif kemarin (18/1). Kader PKS ini berpandangan penetapan Hari Jadi DIY perlu segera dilakukan.

Bahkan hal itu mendesak dan penting dalam rangka mengukuhkan keistimewaan DIY. Bila perlu penetapan dilakukan dengan menerbitkan perda.  Apalagi keberadaan DIY tak bisa dile-paskan dari Keraton Ngayogyakarta Hadining-rat sebagai salah satu penerus dinasti Mataram Islam. Kerajaan Mataram memiliki sejarah panjang dimulai dari Panembahan Senopati di Hutan Mentaok yang kemudian menjadi Kotagede.

Selanjutnya Panembahan Hanyokrowati atau Sinuhun Sedo Krapyak dan diteruskan Sultan Agung Hanyokrokusumo yang memindahkan keraton ke Kerto dekat Pleret. Berikutnya Susuhunan Ha-mangkurat I menggeser keraton ke Pleret. Keraton dipindahkan ke Kartasura oleh Hamangkurat II, diteruskan Hamangkurat III, Susuhunan Paku Buwono I dan Hamangkurat IV.

Keraton Mataram berkedudukan terakhir di Surakarta setelah dipindahkan Paku Buwono II dari Kartasura. Mataram berakhir setelah perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 yang me-mecah menjadi Keraton Surakarta di bawah Susuhunan Paku Buwono III dan Keraton Yogyakarta dipimpin Sultan Hamengku Bu-wono I. “Sejarah panjang Mataram hingga terbentuknya DIY ini perlu dikaji. Dari Kota-gede sampai Hutan Bering yang kemudian menjadi Kota Jogja sekarang,” papar Zuhrif.

Desakan Zuhrif itu juga disampaikan saat bertemu Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono saat rapat kerja dengan Komisi D pada Selasa (14/1) lalu. Umar mengaku tak kebera-tan dengan usulan itu. Dalam rapat kerja juga terungkap hampir seluruh kegiatan dinas ke-budayaan 2015 ini dibiayai oleh dana keisti-mewaan (danais) dari pusat. “Kami sependapat, memang butuh ada kajian,” kata Umar.

Di tengah desakan agar DIY menetapkan hari jadi, Zuhrif mengaku kaget dengan mun-culnya surat dari pimpinan DPRD DIY tentang penggunaan pakaian tradisional gaya Jogja yang harus dikenakan anggota DPRD DIY, pegawai pemprov, pemkot, dan pemkab se-DIY pada 13 Februari 2015. “Penggunaan pakaian tradisional itu dalam rangka peringatan tang-gal berdirinya Keraton Ngayogyakarta. Ini yang kami ketahui. Tapi, kami belum tahu sejak kapan penetapan peringatan itu dilakukan,” ucap ketua Badan Pembentuk Perda DPRD DIY ini.

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: FPKS Dorong DIY Tetapkan Hari Jadi
FPKS Dorong DIY Tetapkan Hari Jadi
https://2.bp.blogspot.com/-8_yq20MzaI4/VKFbGzrEeCI/AAAAAAAAANs/BWY9SMh4aUs/s1600/IMG_6175.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-8_yq20MzaI4/VKFbGzrEeCI/AAAAAAAAANs/BWY9SMh4aUs/s72-c/IMG_6175.JPG
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2015/01/fpks-dorong-diy-tetapkan-hari-jadi.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2015/01/fpks-dorong-diy-tetapkan-hari-jadi.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy