PKS DIY Gelar Sarasehan Budaya Islam dalam Kesultanan Yogyakarta | PKS Daerah Istimewa Yogyakarta

PKS DIY Gelar Sarasehan Budaya Islam dalam Kesultanan Yogyakarta

Bagikan:

Yogyakarta - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DI Yogyakarta, DR. Sukamta dalam pembukaan Sarasehan Budaya yang bertema Budaya Islam...


Yogyakarta - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DI Yogyakarta, DR. Sukamta dalam pembukaan Sarasehan Budaya yang bertema Budaya Islam dalam Kesultanan Yogyakarta, Sejarah dan Perkembangannya mengungkapkan bahwa saat ini PKS DIY sedang menyiapkan perangkat Pusat Kebudayaan. Beliau berharap dengan adanya Pusat Kebudayaan di DPW PKS DIY kedepan masyarakat Yogyakarta tidak akan lupa dengan nilai budaya yang penuh akan nilai kebaikan yang adiluhung.

"Harapannya pusat budaya ini dapat merekonstruksi ulang budaya melalui novel, tulisan, fotografi dan karya seni lainnya sehingga nilai sejarah dan budaya itu akan hadir kembali dalam benak masyarakat Yogyakarta," ujar anggota Komisi 1 DPR RI ini ketika membuka Sarasehan Budaya di Aula DPW PKS DIY, Sabtu (24/1).

Sementara itu Ketua Badan Legislatif DPRD DIY, Zuhrif Hudaya menjelaskan bahwa sesuai dengan Undang-undang Keistimewaan No. 13 tahun 2012, Pemerintah DIY memiliki wewenang dalam 5 urusan yang berbeda dengan wilayah yang lain. Wewenang ini meliputi tata cara pengisian jabatan kedudukan tugas dan wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur, Kelembagaan Pemerintah Daerah, kebudayaan, pertanahan dan tataruang.

"Kelimanya saling berkait. Kenapa Mangkubumi mendirikan batas negara dengan masjid bukan dengan pal? Karena hal ini bukan hanya sekedar batasan ibukota negara tapi batasan kebudayaan," jelas sekretaris DPW PKS ini.

Dalam sarasehan ini hadir sebagai pembicara utama adalah Pengageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Jatiningrat.

Lelaki yang biasa disapa Romo Tirun ini menjelaskan tentang gambaran budaya Islam di Keraton Yogyakarta. Sebagai pembuka, banyak ungkapan Sultan Agung yang kebanyakan referensinya dari dunia Islam.

"Sultan Agung mengajarkan tentang falsafah mengasah mingising budi atau mengasah ketajaman hati dan fikiran, ketajaman rasa nomer satu. Memasuh malaning bumi, membersihkan kekotoran di dunia. Dan hamemayu hayuning bawono yang pengertiannya tentang hubungan antar makhluk atau hablum minannas," jelasnya.

KRT. Jatiningrat juga menjelaskan bahwa tugas manusia sebagai khalifatullah juga tercermin dalam nama atau gelar Sri Sultan yaitu Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing-Ngalaga Ngabdurakhman Sayidin Panatagama Khalifatullah.

"Sultan adalah pigur seorang manusia yang harus bisa memayu hayuning bawana. Dan kita harus menjadi hamengku buwono-hamengku buwono kecil dalam kehidupan," ujar KRT. Jatiningrat seraya berpesan. (y)

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul Infografis Kota Jogja kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: PKS DIY Gelar Sarasehan Budaya Islam dalam Kesultanan Yogyakarta
PKS DIY Gelar Sarasehan Budaya Islam dalam Kesultanan Yogyakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmcTsjUxPakjRn-WkE15bWgYRP3n-487T1Sgw4uoRHR0OJZwgxYXPi2njKZDV6xrGusr0oR753S1jNHmNQRAet93H0U8YqQduY3yBd7j7rAU5J021RnKyuoZvyXdjIqj0SsBUu0QyDE-w/s1600/sarasehan+budaya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmcTsjUxPakjRn-WkE15bWgYRP3n-487T1Sgw4uoRHR0OJZwgxYXPi2njKZDV6xrGusr0oR753S1jNHmNQRAet93H0U8YqQduY3yBd7j7rAU5J021RnKyuoZvyXdjIqj0SsBUu0QyDE-w/s72-c/sarasehan+budaya.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2015/01/pks-diy-gelar-sarasehan-budaya-islam-dalam-kesultanan-yogyakarta.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2015/01/pks-diy-gelar-sarasehan-budaya-islam-dalam-kesultanan-yogyakarta.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy