Janganlah Dipilih Hidup Ini Bagai Nyanyian Ombak

Bagikan:

Dan janganlah dipilih hidup ini bagai nyanyian ombak hanya berbunyi ketika terhempas di pantai Tetapi jadilah kamu air-bah, menguba...


Dan janganlah dipilih hidup ini bagai nyanyian ombak
hanya berbunyi ketika terhempas di pantai
Tetapi jadilah kamu air-bah, mengubah dunia dengan amalmu
Kipaskan sayap mu di seluruh ufuk
Sinarilah zaman dengan nur imanmu
Kirimkan cahaya dengan kuat yakinmu
Patrikan segala dengan nama Muhammad

Itulah sajak yang ditulis oleh Iqbal, salah satu cendekiawan muslim, dan diterjemahkan oleh M. Natsir. Sebuah renungan bagi kita, bahwa ada pilihan-pilihan dalam hidup, dan Iqbal mengingatkan untuk tidak memilih sebagai nyanyian ombak.

Salah satu tanda muda adalah ia punya obesesi. Punya sesuatu yang ingin dicapai. Punya mimpi untuk diwujudkan. Punya ketidakpuasan atas suatu keadaan dan bergerak untuk mengubahnya.

Obesesi ini menjadi api yang membakar dalam jiwanya. Ibaratnya; bahan bakar untuk menggerakkan motor. Dengannya pikiran menelurkan ide, tangan terampil bekerja, dan kata terlontar lantang.

Sepanjang sejarah peradaban manusia didapati bahwa orang-orang besar selalu punya obsesi yang tinggi. Itulah yang menjadikan dalam dirinya memancar pesona dan kharisma.

Bisa jadi secara fisik badannya kecil, dan terlihat ringkih. Namun karena nyala obsesi yang benderang, ia dihormati. Kata-katanya punya pengaruh besar dan tak lekang oleh zaman.

Orang-orang yang punya obsesi selalu melihat bahwa tiap kali mereka berbuat sesuatu -menghasilkan sebuah karya- mereka melihat hal itu bukanlah sebuah akhir, tapi sebuah anak tangga yang harus dilewati. Mereka juga tidak membanding-bandingkan karyanya dengan karya orang lain. Tidak lantas menjadi sombong dan takabbur.

Obsesi akan menghilangkan rasa malas, enggan, kesenangan sementara, istirahat, bahkan waktu berleha-leha. Obsesi meruntuhkan hal itu semua. Anggapan orang-orang yang punya obsesi adalah waktu itu begitu berharga. Waktu, bagi mereka, adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan kembali. Berlalu satu menit saja dengan kesiaan maka ada satu menit kesempatan amal yang hilang.

Yang paling baik dan tepat adalah bila obsesi itu ditautkan pada aspek keimanan pada Allah. Ada keterpautan antara obsesi dalam diri kita dengan nilai-nilai ruhiyah. Hal inilah yang akan membuat langkah semakin tegap,  pundak semakin teguh, dan keyakinan makin kokoh. Pun ada kebermaknaan dalam setiap hal yang dilakukan. Bahwa sekecil apapun usaha tidak ada yang sia-sia di mata Allah.

Maka selalu ingatlah pepatah arab itu; bila jiwa itu besar maka raga akan lelah mengikuti kehendaknya.

Anak muda, apa obsesi kita?
Janganlah dipilih hidup ini bagai nyanyian ombak.

Ahmad Sumiyanto, Kabid DPP GMPRO PKS

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Janganlah Dipilih Hidup Ini Bagai Nyanyian Ombak
Janganlah Dipilih Hidup Ini Bagai Nyanyian Ombak
http://1.bp.blogspot.com/-dzVdcqHJ9sw/VNywZwTlUMI/AAAAAAAAARc/TkyPwdFV1_g/s1600/ahmad%2Bsumiyanto.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-dzVdcqHJ9sw/VNywZwTlUMI/AAAAAAAAARc/TkyPwdFV1_g/s72-c/ahmad%2Bsumiyanto.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2015/02/janganlah-dipilih-hidup-ini-bagai-nyanyian-ombak.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2015/02/janganlah-dipilih-hidup-ini-bagai-nyanyian-ombak.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy