PKS Usulkan 30 Masjid Jadi Penanda Keistimewaan DIY

Bagikan:

Yogyakarta - Sebanyak 30 masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diusulkan menjadi penanda kesitimewaan DIY. Namun, baru lima masjid y...


Yogyakarta - Sebanyak 30 masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diusulkan menjadi penanda kesitimewaan DIY. Namun, baru lima masjid yang dimasukkan di dalam Raperdais (Rancangan Peraturan Daerah Istimewa) urusan Kebudayaan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DIY Arief Budiono. Kelima masjid tersebut adalah Masjid Mataram Kotagede dan masjid yang disebut sebagai Pathok Negara yang tersebar di empat penjuru di DIY (Mlangi, Ploso Kuning,  Babadan dan Dongkelan).
Sisanya ada sekitar 25 masjid yang tersebar di lima kabupaten/kota se DIY yang sebagai penanda keistimewaan Yogyakarta karena masjid tersebut merupakan paringan Ndalem dan juga merupakan cikal bakal  berdirinya kerajaan Mataram Islam.

Arief memberi contoh, di Paliyan Kabupaten Gunungkidul ada Masjid  Al-Huda Sodo. Masjid tersebut dibangun pertama kali oleh Kyai Ageng Giring dan di situ juga ada makam Kyai Ageng Giring.  Menurut dia, kalau 30 masjid dimasukkan sebagai penanda keistimewaan tentu saja nantinya akan dirawat dan kawasan di sekitar masjid dikembangkan.

Sehingga di situ akan menjadi pengembangan budaya, wisata dan ekonomi masyarakat pun meningkat. ''Jadi tidak hanya masjidnya saja yang mendapat perhatian, melainkan kawasannya juga dikembangkan. Hal ini akan menjadi potensi wisata dan ekonomi di DIY,''ujarnya.

Masjid Pathok Negara yang tersebar di empat penjuru DIY memungkinkan sebagai kawasan keagamaan sekaligus pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sementara itu Masjid Mataram Kotagede merupakan masjid tertua peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang memiliki arsitektur khusus tajug lambing gantung dan ini tidak ada di masjid-masjid luar Kotagede.

sumber: republika.co.id

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: PKS Usulkan 30 Masjid Jadi Penanda Keistimewaan DIY
PKS Usulkan 30 Masjid Jadi Penanda Keistimewaan DIY
http://4.bp.blogspot.com/-M0fdL26LURQ/VIUe6XE5xII/AAAAAAAAAJY/AufRMiv7cTU/s1600/masjid%2Bpatok%2Bnegoro%2Bbabadan.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-M0fdL26LURQ/VIUe6XE5xII/AAAAAAAAAJY/AufRMiv7cTU/s72-c/masjid%2Bpatok%2Bnegoro%2Bbabadan.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2014/12/pks-usulkan-30-masjid-jadi-penanda-keistimewaan-DIY.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2014/12/pks-usulkan-30-masjid-jadi-penanda-keistimewaan-DIY.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy