Koalisi Merah Putih Pimpin DPRD Kota Yogyakarta

Bagikan:

Yogyakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) bukan hanya menguasai kursi pimpinan di DPR RI. Koalisi Merah Putih juga menguasai pimpinan di DPRD...

Yogyakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) bukan hanya menguasai kursi pimpinan di DPR RI. Koalisi Merah Putih juga menguasai pimpinan di DPRD Kota Yogyakarta.

Meskipun Ketua DPRD Kota Yogyakarta berasal dari PDI Perjuangan, namun dua wakil ketua merupakan anggota KMP yaitu satu dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan satu lagi dari Partai Gerindra.

Ketua DPRD Kota Yogyakarta dijabat oleh Sujanarko (PDIP) yang juga anggota incumbent, Wakil Ketua I dijabat oleh Ali Fahmi (PAN) yang juga incumbent serta wakil Ketua II dijabat Ririk Banowati (Gerindra) anggota dewan baru.

Dari sisi jumlah, anggota dewan dari KMP juga menguasai tubuh DPRD Kota Yogyakarta. Anggota dewan yang tergabung dalam KMP sebanyak 24 orang yang berasal dari enam fraksi (PAN, PKS, PPP, Gerindra, Partai Demokrat dan Golkar). Sedangkan anggota dewan non KMP hanya 16 orang yang tergabung dalam satu fraksi Indonesia Hebat (PDIP dan Nasional Demokrat).

Perpecahan antara KMP dan PDIP juga terjadi di tubuh DPRD Kota Yogyakarta. Usai pelantikan, Fraksi Indonesia Hebat menghendaki pembahasan alat kelengkapan dewan dan tata tertib dewan (tatib) dibahas usai pembahasan APBD-Perubahan (APBDP) 2014 Kota Yogyakarta.

Sebab tenggang waktu pembahasan APBD-P sudah mepet, dimana rancangan APBDP sudah diserahkan Pemkot Yogyakarta sejak Juli lalu. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta merupakan calon dari PDIP saat Pilwakot 2 tahun lalu.

Namun usulan itu tak bersambut, fraksi-fraksi dibawah KMP bersikukuh pembahasan alkab dan tatib didahulukan. Alhasil hingga saat ini APBDP Kota Yogyakarta belum juga dibahas, padahal sesuai aturan masa pengesahan APBDP harusnya 3 bulan sebelum tutup tahun anggaran.

"Kita sudah melakukan upaya komunikasi politik dan sudah ada komitmen  bersama untuk mengedepankan kepentingan rakyat, sehingga APBDP akan segera kita kebut pekan ini semoga bisa terselesaikan," ujar Ketua DPRD Kota Yogyakarta Sujanarko dari PDIP.

Pria yang akrab disapa Koko itu optimis, melalui komunikasi politik yang intensif, perpecahan anggota dewan seperti di DPR RI tidak akan merembet ke daerah.

"Sudah ada komitmen bersama yang sudah di tulis di notulensi rapat beberapa pekan lalu. Mudah-mudahan tidak akan merembet ke daerah karena saya percaya di Yogya masih ada hati nurani," ujarnya.

sumber: republika.co.id

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Koalisi Merah Putih Pimpin DPRD Kota Yogyakarta
Koalisi Merah Putih Pimpin DPRD Kota Yogyakarta
https://4.bp.blogspot.com/-X6d7_sXq-R4/VC5NS1mhtOI/AAAAAAAAABo/d-TGm6hEkkg/s1600/dprd%2Bkota%2Bjogja.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-X6d7_sXq-R4/VC5NS1mhtOI/AAAAAAAAABo/d-TGm6hEkkg/s72-c/dprd%2Bkota%2Bjogja.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2014/10/koalisi-merah-putih-pimpin-dprd-kota.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2014/10/koalisi-merah-putih-pimpin-dprd-kota.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy