PKS Gelar Diskusi Problematika Daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta

Bagikan:

Yogyakarta - Ahad (2/10) DPW PKS DIY menggelar Diskusi Problematika Daerah Istimewa sebagaimana yang dialami oleh Yogyakarta dan Nangroe A...

Yogyakarta - Ahad (2/10) DPW PKS DIY menggelar Diskusi Problematika Daerah Istimewa sebagaimana yang dialami oleh Yogyakarta dan Nangroe Aceh Darussalam. Diskusi yang digelar di Aula DPW PKS DIY ini dihadiri oleh Nasir Djamil, anggota DPR RI Fraksi PKS dari Aceh bersama anggota DPR RI dan DPRD PKS se-DIY serta perwakilan LSM di Yogyakarta.

Sebagai daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta memiliki persamaan. Nasir Djamil memaparkan tentang kondisi Aceh yang ditetapkan sebagai Daerah Istimewa sejak Republik ini berdiri. Keistimewaan Aceh difokuskan pada bidang agama sedangkan Yogyakarta yang lebih fokus pada bidang kebudayaan.

Sebagai Daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta mendapatkan Dana Otonomi Khusus (Otsus) atau Dana Keistimewaan setiap tahun yang bersumber dari APBN. Di Aceh pembahasan Dana Otsus dilakukan bersama antara Pemda dengan DPR Aceh. Ini berbeda dengan di Yogyakarta dimana Dana Istimewa hanya dibahas oleh Pemda saja tidak melibatkan DPRD DIY.

Dalam diskusi terungkap bahwa kedua daerah mengalami problematika yang sama. Dalam  pengelolaannya, Yogyakarta dan Aceh setiap tahun kesulitan menghabiskan Dana Keistimewaan.

"Setiap tahun Pemda tak pernah bisa menghabiskan dana Otsus yang besarnya 6-7 trilyun, sehingga selalu menjadi Silpa sekitar 3-4 trilyun" kata Nasir Djamil.

Arif Budiono, Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi DIY mengatakan kondisi tersebut mirip seperti yang dialami oleh Yogyakarta. Dana Keistimewaan Yogyakarta 500 Milyar per tahun tidak bisa dihabiskan bahkan Pemprov seperti kebingungan untuk membuat program agar Dana Keistimewaan dapat terserap.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: PKS Gelar Diskusi Problematika Daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta
PKS Gelar Diskusi Problematika Daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta
https://3.bp.blogspot.com/-b8ra1T8iuRA/VFYMsYoPR9I/AAAAAAAAAEI/grO0TE5c0Bs/s1600/nasir%2Bdjamil.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-b8ra1T8iuRA/VFYMsYoPR9I/AAAAAAAAAEI/grO0TE5c0Bs/s72-c/nasir%2Bdjamil.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2014/11/pks-gelar-diskusi-problematika-daerah.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2014/11/pks-gelar-diskusi-problematika-daerah.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy