Gelar Pentas Budaya, PKS DIY Akan Dirikan Pusat Kebudayaan

Bagikan:

Yogyakarta - Malam itu, Sabtu (13/12) kantor Dewan Pengurus Wilayah PKS DI Yogyakarta berubah susana. Tangga masuk yang biasanya tanpa or...


Yogyakarta - Malam itu, Sabtu (13/12) kantor Dewan Pengurus Wilayah PKS DI Yogyakarta berubah susana. Tangga masuk yang biasanya tanpa ornamen kini dihiasi dengan nyala lilin di kiri kananya. Lobi depan disulap dengan hiasan kain hitam yang menutupi  tiang hingga tembok menjadi galeri “Dolanan Anak-anak”. Di tengahnya, tempat yang biasa ada kursi tamu sofa, disulap jadi ruang memori waktu yang menghadirkan berbagai barang kenangan. Mulai dari foto, papan tulis belajar membaca bertuliskan “ini budi” hingga kapal otek-otek dalam baskom.

Mengusung tema “Ngudhar Piwulang Budaya”  PKS DIY menggelar Pentas Budaya sebagai apresiasi seni dan budaya Yogyakarta.

Acara dibuka dengan tilawatil Qur’an, dibawakan oleh “akhi” berpakain beskap. Di sisi lain, tampak seorang “ukhti” yang membawakan arti terjemahannya dengan tembang macapat, sembari diiringi suara gamelan yang mengalun pelan. Merdu dan tenang.

Selesai dibacakan kalam illahi, muncul Buto Cakil. Menari dengan gerakan tegas dan kuat. Setelah menari sekitar 5 menit, Si Cakil undur diri. Digantikan sosok Bambang lengkap dengan busur di punggungnya menari dengan gerakan halus, lembut dan mengalir. Setelah menyelesaikan tariannya Arjuna tampak berdiri anteng, tangan bersedekap, dan melakukan pertapaan.

Tetiba Si Cakil muncul lagi. Menggangu pertapaan Bambang.  Dengan iseng Cakil berusaha mengganggu konsentrasi Rama. Merasa terganggu, Rama pun balas memukul Cakil. Terjadilah tarian perang diantara keduanya. Tarian Bambang Cakil adalah pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Dan kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan.

Acara malam itu berjalan dengan sangat mengalir, pemandu acara mampu memandu dengan sangat apik diselingi guyonan khas Yogyakarta. Dari pembacaan puisi diselingi dengan Bedah Platform Kebudayaan oleh Abu Ridho yang pada malam itu didapuk menjadi Ki Abu Ridho. Lalu Pentas Teater yang diakhiri dengan pentas band membawakan lagu Islam Cinta Keadilan versi pop.

“Pentas budaya digelar untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa PKS juga mengapresiasi budaya yang berkembang di masyarakat, terutama di Yogyakarta. Hal ini juga untuk menumbuhkan minat dan potensi kader dalam bidang budaya,” ujar Darul Falah, Wakil Ketua DPW PKS DIY dalam sambutannya.

Yogyakarta, lanjutnya, adalah daerah yang selalu menghasilkan budayawan terkemuka. PKS DIY berharap mampu untuk nguri-nguri kebudayaan Yogyakarta ini. Sebagai Pembeda dengan DPW lain, PKS DIY akan membangun Pusat Kebudayaan di lantai satu.

"Ruangan di aula bawah akan kita bongkar untuk dijadikan Pusat Budaya. Nantinya akan diagendakan agenda-agenda kebudayaan disitu, tutupnya.

Foto: Ihsanudin Mahfud - Relawan PKS Foto

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Gelar Pentas Budaya, PKS DIY Akan Dirikan Pusat Kebudayaan
Gelar Pentas Budaya, PKS DIY Akan Dirikan Pusat Kebudayaan
http://2.bp.blogspot.com/-jd-HqgnbRJc/VIxlJCbfhaI/AAAAAAAAAKk/G0ekT5Os-TE/s1600/Pentas%2BBudaya%2BPKS%2B1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-jd-HqgnbRJc/VIxlJCbfhaI/AAAAAAAAAKk/G0ekT5Os-TE/s72-c/Pentas%2BBudaya%2BPKS%2B1.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2014/12/gelar-pentas-budaya-pks-diy-akan-dirikan-pusat-kebudayaan.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2014/12/gelar-pentas-budaya-pks-diy-akan-dirikan-pusat-kebudayaan.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy