Wayang Sebagai Media Dakwah

Bagikan:

Wayang sejak masa Walisongo merupakan media dakwah Islam yang sangat efektif. Wayang dengan ceritanya yang sarat nilai, dapat menyampaikan pengetahuan.


Yogyakarta - Wayang sejak masa Walisongo merupakan media dakwah Islam yang sangat efektif. Wayang dengan ceritanya yang sarat nilai, dapat menyampaikan pengetahuan dan pemahaman tanpa ada yang merasa digurui.

Hal ini diungkapkan oleh Ki Juru Pawekas Wignyo Carito dalam Sarasehan Pewayangan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera yang digelar di Balai Budaya Gambiran Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Daerah Istimewa Yogyakarta Ahad (16/10).

"Wayang juga menyentuh semua kalangan masyarakat karena kemasan yang menarik saat itu," ungkap dalang dari Wonogiri ini.

Sementara itu menurut Kiyai Haji Jazir ASP, budayawan Yogyakarta, wayang adalah inovasi budaya Walisongo.

"Dengan perkembangan zaman yang terus berubah, inovasi semestinya terus dibuat agar dakwah tetap memiliki media yang diterima khalayak," ujarnya.

Lebih jauh tokoh Masjid Jogokariyan ini melihat Indonesia saat ini belum memiliki visi Budaya, hal ini menyebabkan penetrasi budaya asing tidak terbendung.

Sarasehan yang berlangsung selama satu hari ini dibuka oleh ketua DPP PKS Bidang Seni Budaya, Muhammad Ridwan. Dalam acara ini turut hadir pula para narasumber seperti Ki Juru Pawekas Wignyo Carito dari Wonogiri, Ki Arif Musta'in dari Madiun, Kiyai Haji Jazir ASP dari Yogyakarta dan dimeriahkan dengan penampilan pentas Wayang Dakwah Tiga Jam-man dengan dalang Ki Tarmidzi dari Kroya.

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Wayang Sebagai Media Dakwah
Wayang Sebagai Media Dakwah
Wayang sejak masa Walisongo merupakan media dakwah Islam yang sangat efektif. Wayang dengan ceritanya yang sarat nilai, dapat menyampaikan pengetahuan.
https://2.bp.blogspot.com/-o5SnmzScyU0/WARpyW3d0sI/AAAAAAAAAe8/DKdOlbxf_kcOpzUk6fLsu89w8pgZHw_jwCLcB/s640/Ketua%2BBidang%2BSeni%2BBudaya%2BDPP%2BPKS%2BMuhammad%2BRidwan%2Bmembuka%2BSarasehan%2BPewayangan.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-o5SnmzScyU0/WARpyW3d0sI/AAAAAAAAAe8/DKdOlbxf_kcOpzUk6fLsu89w8pgZHw_jwCLcB/s72-c/Ketua%2BBidang%2BSeni%2BBudaya%2BDPP%2BPKS%2BMuhammad%2BRidwan%2Bmembuka%2BSarasehan%2BPewayangan.JPG
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2016/10/wayang-sebagai-media-dakwah.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2016/10/wayang-sebagai-media-dakwah.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy