Mendidik Anak di Era Digital

Bagikan:

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Yogyakarta menggelar Talkshow “Darurat Keluarga”. Tema darurat keluarga dipilih dengan latar belakang kondisi keluarga yang semakin mengkhawatirkan.


Yogyakarta - Minggu (30/04/17) Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Yogyakarta menggelar Talkshow “Darurat Keluarga”. Tema darurat keluarga dipilih dengan latar belakang kondisi keluarga yang semakin mengkhawatirkan.

Acara yang bertempat di gedung Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Daerah Istimewa Yogyakarta dibuka oleh penampilan tim hadrah Wande Banon dari RKI Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Wakil Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas'udi dalam sambutannya mengapresiasi panitia yang berhasil menyelenggarakan talkshow ini dan para peserta yang hadir. Melihat Yogyakarta yang dikenal dengan keramahannya, namun akhir-akhir ini kekerasan malah semakin menjadi, tema darurat keluarga dikatakan tepat dan memang penting untuk diangkat. “Kasus klithih yang belakangan ini terjadi dan pelakunya yang masih usia belia menandakan ada sesuatu yang salah di keluarganya,” kata Agus Mas'udi.

Talkshow yang merupakan rangkaian dari peringatan Milad PKS ke-19 di Yogyakarta ini menghadirkan pembicara DR. Muhammad Iqbal dan dimoderatori Ida Nur Laela yang keduanya merupakan konselor Nasional.

Muhammad Iqbal memaparkan tentang kondisi dan problem keluarga, khususnya yang terjadi pada anak di era digital. Peran orangtua ditekankan oleh pembicara untuk menyelesaikan problem yang terjadi pada anak. Meskipun, orangtua tentu memiliki masalah yang muncul juga di era digital. Maka orangtua harus bisa menangani dan menyelesaikan masalah-masalahnya, agar jangan sampai malah dari orangtuanyalah justru anak-anak mendapatkan problem dan masalah.

“Harus ada aturan yang diberlakukan di rumah dan keluarga bagaimana menggunakan gadget, dan bagaimana berkomunikasi,” kata Muhammad Iqbal dalam penyampaiannya.

Hal ini penting karena di era digital banyak hal bisa dilakukan via gadget, sehingga interaksi langsung, perhatian, bounding (ikatan) dalam keluarga menjadi sangat berkurang.

Talkshow diakhiri oleh pembicara dengan mengajak para peserta untuk membangun budaya saling memuji dan mengapresiasi dalam keluarga, pada anak-anaknya.

“Jika di dalam keluarga tidak ada yang memuji, mengapresiasi maka akan mencari di luar, dari lingkungan yang belum tentu positif, di sosmed yang tidak jelas orang-orangnya. Mari kita belajar, membiasakan memberi apresiasi dan memuji di dalam keluarga,” pungkas Muhammad Iqbal.

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Mendidik Anak di Era Digital
Mendidik Anak di Era Digital
Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Yogyakarta menggelar Talkshow “Darurat Keluarga”. Tema darurat keluarga dipilih dengan latar belakang kondisi keluarga yang semakin mengkhawatirkan.
https://1.bp.blogspot.com/-RSmPVqvc8GQ/WQXnKLwAfDI/AAAAAAAAAkc/jR51rDRdXR0WKHj-Kh0QqONHMCgo5WMDACLcB/s640/WhatsApp%2BImage%2B2017-04-30%2Bat%2B9.57.16%2BAM%2B%25281%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-RSmPVqvc8GQ/WQXnKLwAfDI/AAAAAAAAAkc/jR51rDRdXR0WKHj-Kh0QqONHMCgo5WMDACLcB/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2017-04-30%2Bat%2B9.57.16%2BAM%2B%25281%2529.jpeg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2017/04/mendidik-anak-di-era-digital.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2017/04/mendidik-anak-di-era-digital.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy