Kegamangan Implikasi UU Desa No. 6 Tahun 2014 di DIY

Bagikan:

Yogyakarta - Implikasi teknis lahirnya Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014 saat ini mulai terasa hingga Pemerintahan Desa dan Dusun di ...


Yogyakarta - Implikasi teknis lahirnya Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014 saat ini mulai terasa hingga Pemerintahan Desa dan Dusun di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah beberapa saat lalu muncul permasalahan mengenai pengelolaan Tanah Desa, saat ini muncul berbagai masalah baru. Anggota komisi A DPRD DIY, Agus Sumartono dalam pertemuannya dengan pengurus Paguyuban Dukuh Se-DIY "Semar Sembogo" di Gunungkidul (13/01) terungkap berbagai masalah yang muncul dari UU Desa ini.

“Pemerintah Kabupaten di lingkungan DIY saat ini mengalami kegamangan di dalam menafsirkan UU Desa dalam bentuk Peraturan Daerah tentang Desa, sehingga banyak masalah baru muncul, diantaranya tentang mekanisme pemilihan dukuh, masa jabatan dukuh dan pamong dan penghasilan tetap Dukuh yang dimasing-masing kabupaten berbeda-beda sehingga memunculkan persoalan kecemburuan sosial,” kata politikus PKS ini.

Kegamangan yang terjadi di tingkat kabupaten di DIY ini diperkirakan terjadi karena belum adanya pemahaman yang sama didalam menjabarkan UU tentang Desa.

“Kewenangan desa dan dusun yang berada di tingkat kabupaten di DIY ini harus sinergis dan tidak berjalan sendiri-sendiri, sebagai contoh di Kabupaten Kulonprogo beberapa hari lalu telah mengesahkan Perda tentang Desa, dimana pemilihan dukuh dipilih melalui tes sedangkan di kabupaten lainnya belum tentu sama,” lanjutnya.

Senada dengan hal tersebut penjabaran UU Desa ini juga telah menimbulkan polemik yang sangat sensitif  diantaranya mekanisme pemilihan dukuh. Ketua Paguyuban Dukuh Se-DIY "Semar Sembogo", Sukiman menyayangkan mengenai perbedaan penafsiran dalam menjabarkan UU No. 6 Tahun 2014 ini.

“Paguyuban Dukuh se-DIY menyayangkan adanya kabupaten yang menafsirkan secara sepihak salah satu turunan Peraturan Daerah dari Undang-Undang Desa tentang mekanisme pemilihan dukuh dalam bentuk tes, oleh karena itu Paguyuban Dukuh akan terus mengawal hal tersebut agar hal ini tidak terjadi di kabupaten yang lain karena Paguyuban Dukuh lebih sepakat dengan pemilihan langsung,” ungkapnya.

Agus Sumartono menambahkan, bahwa sudah saatnya Pemerintah Propinsi mengambil sikap untuk menjembatani perbedaan penafsiran ini. Hal ini penting agar terjadi kesamaan pandang dan keselarasan di dalam menjabarkan Peraturan Daerah tentang Desa ini di seluruh kabupaten di DIY.

“Pemerintah Propinsi semestinya segera mengambil inisiatif untuk menjembatani penyamaan pandang tentang penjabaran teknis UU desa ini dengan seluruh kabupaten sehingga kebijakan di masing-masing kabupaten sama dan tidak menimbulkan kecemburan sosial,” tambahnya.

“Penjabaran UU Desa ini menyangkut banyak persoalan lain tentang kepentingan desa dan dusun yang sekiranya penting untuk diselaraskan diantaranya persoalan kelembagaan, mekanisme pemilihan, tata cara pengelolaan APBDes dan lainnya.” pungkas anggota DPRD DIY Daerah Pemilihan Bantul Timur ini.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Kegamangan Implikasi UU Desa No. 6 Tahun 2014 di DIY
Kegamangan Implikasi UU Desa No. 6 Tahun 2014 di DIY
https://3.bp.blogspot.com/-zdrWia8EFrk/VLUWnje-mkI/AAAAAAAAAPk/JM1F2RhKo74/s640/Agus%2BSumartono%2B2.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-zdrWia8EFrk/VLUWnje-mkI/AAAAAAAAAPk/JM1F2RhKo74/s72-c/Agus%2BSumartono%2B2.JPG
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2015/01/kegamangan-implikasi-uu-desa-no-6-tahun-2014-di-diy.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2015/01/kegamangan-implikasi-uu-desa-no-6-tahun-2014-di-diy.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy