Miris di Kota Pelajar Masih Ada Anak Usia Sekolah Tapi Tidak Sekolah

Bagikan:

Anggota Komisi D DPRD DIY Nandar Winoro mengaku miris jika di DIY masih ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah.



Yogyakarta - Dikenal sebagai kota pendidikan tidak menjamin semua anak usia sekolah di DIY sudah mengenyam bangku pendidikan. Tiap tahun Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menganggarkan Rp6 miliar untuk program kembali ke sekolah.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan anggaran yang diambilkan dari APBD DIY tiap tahunnya tersebut tidak pernah terserap habis. Hal itu karena tidak banyak anak putus sekolah karena alasan ekonomi.

"Kami susah mencari yang diluar sekolah, makanya tugas Pak RT, RW jika ada anak putus sekolah, masukan sekolah," jelasnya.

Menurut Aji dalam aturannya jika ada anak putus sekolah karena alasan ekonomi itu dipersilakan masuk sekolah kembali di sekolah manapun, sesuai jenjang pendidikannya. Tapi selama masih ada jatah bangku yang kosong. Nantinya Kepala Sekolah yang akan mengurus administrasi.

"Kepala Sekolahnya yang klaim ke kami bukan dari orangtuanya karena yang menerima sekolah," ungkapnya.

Tidak terserapnya anggaran untuk program kembali ke sekolah, lanjut Aji, salah satunya juga disebabkan jumlah anak putus sekolah yang rendah. Menurut Aji untuk anak putus sekolah karena alasan ekonomi itu di DIJ jumlahnya 0,002 persen atau sekitar 13-20 anak.

Sulitnya mencari anak putus sekolah itulah yang membuat pihaknya mengalihkan untuk penanganan anak terancam putus sekolah. Di DIY diperkirakan jumlahnya mencapai 12 ribu anak. Dengan penggabungan ini, dalam setahun program yang dimulai sejak 2012 ini bisa menarik sekitar 50 anak kembali bersekolah.

"Termasuk yang sudah pamit keluar, tapi ra sido," jelasnya.

Anggota Komisi D DPRD DIY Nandar Winoro mengaku miris jika di DIY masih ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah. Dirinya mendukung upaya Pemda DIY untuk membantu pembiayaan anak putus sekolah untuk kembali bersekolah.

"Kami di legislatif juga mendukung upaya itu, termasuk dalam penganggaran," ujarnya.

Politikus PKS itu menambahkan yang juga perlu menjadi perhatian adalah peralihan kewenangan pengelolaan SMA ke Provinsi. Penanganan anak putus sekolah pun terbatas yang menjadi kewenangan Provinsi.

"Makanya kabupaten dan kota juga harus memiliki program serupa," harapnya.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Miris di Kota Pelajar Masih Ada Anak Usia Sekolah Tapi Tidak Sekolah
Miris di Kota Pelajar Masih Ada Anak Usia Sekolah Tapi Tidak Sekolah
Anggota Komisi D DPRD DIY Nandar Winoro mengaku miris jika di DIY masih ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah.
https://4.bp.blogspot.com/-vetLc4QkOoI/V8P1mRjhlLI/AAAAAAAAAdI/BOaBi8twacs_eejWL0mJsbqZfJHYcnlIACLcB/s640/Nandar%2BWinoro.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-vetLc4QkOoI/V8P1mRjhlLI/AAAAAAAAAdI/BOaBi8twacs_eejWL0mJsbqZfJHYcnlIACLcB/s72-c/Nandar%2BWinoro.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2016/08/miris-di-kota-pelajar-masih-ada-anak-tidak-sekolah.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2016/08/miris-di-kota-pelajar-masih-ada-anak-tidak-sekolah.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy