Ribuan Rumah di DIY Belum Teraliri Listrik, DPRD Desak Pemda Prioritaskan Pengadaan Listrik

Bagikan:

Masih ada ribuan rumah tangga di DIY ternyata belum mendapatkan akses penerangan aliran listrik dari Perusahan Listrik Negara (PLN).



Yogyakarta - Masih ada ribuan rumah tangga di DIY ternyata belum mendapatkan akses penerangan aliran listrik dari Perusahan Listrik Negara (PLN). Pembahasan ini mengemuka di KUA-PPAS APBD 2017.

"Kami minta agar ada prioritas perhatian pengadaan jaringan listrik," ujar anggota Komisi C DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Rabu (24/8).

Sebagai gambaran, banyak rumah di setiap kabupaten/kota di DIY yang belum teraliri jaringan listrik. Dari data yang muncul di kabupaten Sleman masih ada ada 9 ribu rumah, di Kota Jogja 200-an rumah.

"Tapi untuk Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo masih puluhan ribu rumah belum mendapatkan akses jaringan listrik," katanya.

Selama ini kewenangan pengadaan jaringan listrik ada di kabupaten/kota. Kendalanya mereka kurang tersingkronisasi sementara pengadaan jaringan listrik bersifat lintas kabupaten. Melalui UU 23/2014 tentang Pemerintah daerah kewenangannya berpindah ke provinsi.

"Karena kewenangan provinsi bisa maka bisa semaksimal mungkin mendapatkan perhatian. Paling tidak 10 ribu atau 20 ribu kalau bisa disambung karena nyambungnya kan bisa lebih murah," ujarnya.

Anggaran pengadaan jaringan listrik tahun ini baru Rp 7 miliar. Pada 2017 perlu ditingkatkan lebih banyak lagi mencapai Rp 25 miliar.‎

Dalam KUA baru dimunculkan Rp 7,2 miliar. Itu masih jauh dari kebutuhan di lapangan. Karena ini menyangkut cakupannya yang luas. Politisi PKS itu menjelaskan per-titik rumah tangga akan mendapatkan anggaran senilai Rp 1,5 juta.

"Jadi taruhlah 10 ribu rumah maka hanya Rp 15 miliar, Anggaran sebesar itu kan murah untuk 10 ribu rumah. Ini akan membuat tertib semacam hal bisa akses listrik itu," papar dia.

Dia menambahkan akses aliran listrik untuk memberikan kemudahan bagi warga yang tidak mampu. Sebab sebagian besar rumah yang belum teraliri listrik karena faktor masih lemahnya ekonomi keluarga. Selain itu karena faktor jangkuan yang terlalu jauh dari pemukiman padat pendudukan dan berada di pelosok-pelosok pedesaan.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Ribuan Rumah di DIY Belum Teraliri Listrik, DPRD Desak Pemda Prioritaskan Pengadaan Listrik
Ribuan Rumah di DIY Belum Teraliri Listrik, DPRD Desak Pemda Prioritaskan Pengadaan Listrik
Masih ada ribuan rumah tangga di DIY ternyata belum mendapatkan akses penerangan aliran listrik dari Perusahan Listrik Negara (PLN).
https://3.bp.blogspot.com/-KuCcArlnNVE/V8ao5N0L_qI/AAAAAAAAGGE/JX_8KUtxoTA4jCNehYmbE28kC1VPOa4UACLcB/s640/Huda%2BTri%2BYudiana.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KuCcArlnNVE/V8ao5N0L_qI/AAAAAAAAGGE/JX_8KUtxoTA4jCNehYmbE28kC1VPOa4UACLcB/s72-c/Huda%2BTri%2BYudiana.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2016/08/ribuan-rumah-di-diy-belum-teraliri-listrik.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2016/08/ribuan-rumah-di-diy-belum-teraliri-listrik.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy