Keistimewaan DIY untuk Kesejahteraan Rakyat

Bagikan:

M. Darul Falah, Ketua DPW PKS DIY mengungkapkan ada tiga isu DIY yang dibahas serius: ketimpangan ekomoni, darurat keluarga dan Implementasi UU Keistimewaan DIY


Yogyakarta - Dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) 2017 PKS Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar Ahad (26/3/2017). Selain membahas program startegis untuk setahun kedepan Rakorwil juga membahas isu-isu terkini di wilayah DIY.

M. Darul Falah, Ketua DPW PKS DIY mengungkapkan ada tiga isu DIY yang dibahas serius. Pertama, isu ketimpangan ekonomi. Badan Pusat Statistik (BPS) melansir DIY sebagai provinsi yang memiliki ketimpangan tertinggi di Indonesia. “ Kondisi ini tentu jadi keprihatinan kita bersama, karena kekayaan hanya mengalir pada beberapa gelintir penduduk, sementara sebagian besar hidup dalam kemiskinan,” ungkap Darul Falah.

Isu yang kedua terkait dengan maraknya kenakalan hingga kejahatan dengan pelaku anak dan remaja, salah satunya aksi Klithih yang marak dalam 1 tahun terakhir. Menurut Darul Falah, banyak penelitian dilakukan dan kesimpulannya, semua bersumber dari keluarga yang amburadul. “Makin meningkatnya jumlah perceraian juga perlu jadi perhatian, karena ini menunjukkan kondisi keluarga DIY banyak kerentanan.”

Isu terakhir terkait implementasi UU Keistimewaan DIY. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi memberikan gambaran, masih cukup banyak masyarakat DIY yang belum merasakan kesejahteraan sebagai wujud implementasi UU Keistimewaan DIY.

Atas beberapa isu tersebut, Rakorwil PKS DIY 2017 hasilkan rekomendasi, pertama meminta Pemerintah DIY dan kabupaten kota untuk lebih serius dalam mengatasi ketimpangan ekonomi. PKS DIY mengharapkan pemerintah daerah memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan lahan, kesempatan, dan peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan.

Kedua, PKS DIY mengharap seluruh pihak utamanya pemerintah daerah untuk memberikan perhatian dalam pembangunan keluarga yang mengarah kepada proteksi, pemberdayaan dan penguatan keluarga. “Secara khusus PKS DIY melalui Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) akan ikut mendukung penguatan keluarga dengan menggencarkan program Rumah Keluarga Indonesia (RKI)," tegasnya.

Ketiga, PKS DIY mengingatkan kembali posisi istimewa Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yang dijabat oleh Sultan Hamengku Buwono dan Adipati Pakualaman, bermakna Tahta Untuk Rakyat. Untuk itu kebijakan tentang pengisian jabatan gubernur, kelembagaan, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang harus bermuara kesejahteraan rakyat.

"Terakhir, PKS DIY meminta kepada segenap anggota Fraksi PKS DIY untuk mengawal implementasi UU Keistimewaan DIY agar memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat DIY," tutupnya.

KOMENTAR

Name

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Keistimewaan DIY untuk Kesejahteraan Rakyat
Keistimewaan DIY untuk Kesejahteraan Rakyat
M. Darul Falah, Ketua DPW PKS DIY mengungkapkan ada tiga isu DIY yang dibahas serius: ketimpangan ekomoni, darurat keluarga dan Implementasi UU Keistimewaan DIY
https://3.bp.blogspot.com/-rdUxGs2AorI/WNd1xgSg_rI/AAAAAAAAAic/-tAkxo-B7QU90hDQ8skC1se7zZ4KriyQACLcB/s640/IMG_9339.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-rdUxGs2AorI/WNd1xgSg_rI/AAAAAAAAAic/-tAkxo-B7QU90hDQ8skC1se7zZ4KriyQACLcB/s72-c/IMG_9339.JPG
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2017/03/keistimewaan-diy-untuk-kesejahteraan.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2017/03/keistimewaan-diy-untuk-kesejahteraan.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy