Wakil Ketua DPRD DIY Harap Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro Terarah | PKS Daerah Istimewa Yogyakarta

Wakil Ketua DPRD DIY Harap Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro Terarah

Bagikan:

Huda Tri Yudiana, berharap agar Pemda DIY dapat memfasilitasi pelaksanaan PPKM secara mikro sehingga tidak seluruhnya menggunakan alokasi dana desa


Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 5/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di DIY untuk Pengendalian Penyebaran COVID19. Ingub ini merupakan turunan atas Instruksi Presiden dengan kebijakan serupa.

Pada Ingub tersebut tertulis bahwa Bupati dan Walikota hendaknya dapat melaksanakan PPKM berbasis mikro sampai dengan tingkat RT dan RW yang berpotensi Covid-19. Menyikapi peraturan tersebut, DPRD DIY berharap Pemda DIY dapat memberikan arahan pelaksanaannya kepada pemerintah desa.

Sementara Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY berharap agar Pemda DIY dapat memfasilitasi pelaksanaan PPKM secara mikro sehingga tidak seluruhnya menggunakan alokasi dana desa. Ia mengungkapkan bahwa payung hukum tersebut memang dilaksanakan di tingkat mikro, namun Huda berharap Pemda DIY hendaknya tetap bertanggungjawab dan berkoordinasi dengan kabupaten dan kota.

Bahwa kebijakan baru ini pemerintah berupaya untuk mendukung kegiatan perekonomian tetap berjalan lancar. Seperti diketahui bahwa pada Ingub DIY terbari ini waktu operasional tempat usaha diperlonggar dari sebelumnya hingga pukul 20.00 WIB menjadi pukul 21.00 WIB.

“Buka (waktu operasional) jam 5 jam 7 (malam) tutup ini pasti tidak rasional. Sekarang bisa sampai jam 9 (malam). Supaya ruang untuk ekonomi bisa bernafas, bisa juga ada kesempatan untuk berkurang tapi tetap bisa untuk mencari rezeki,” imbuhnya.

Selain itu pada pelaksanaan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) sebelumnya diatur bahwa pengunjung dalam suatu tempat makan hanya sebesar 25%, saat ini peraturan diperlonggar hingga 50%.

“Kita menangkap menangkap kebijakan pemerintah yang sekarang ini sesuai dengan yang lain. Artinya bawa dari sisi kegiatan perekonomian bisa tetap berjalan,” ungkapnya.

Huda menanggapi bahwa pemerataan ekonomi inilah yang menjadi konsentrasi saat ini. Huda berharap tidak ada lagi perpanjangan masa pembatasan kegiatan masyarakat. Bila tidak ada penurunan angka Covid-19, Huda mengkhawatirkan kebijakan ini akan terus diperpanjang sehingga melemahkan perekonomian.

“Kondisi saat ini memprihatinkan karena yang terdampak ekonomi hampir semua dari kita, tapi kita tidak bisa kemudian melakukan pembenturan antara mendahulukan ekonomi dan kesehatan,” ungkap Huda.

Ia berharap setiap kebijakan dan pelaksanaannya dirancanga dengan skema yang dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi. Huda mengatakan bahwa saat ini pihaknya tidak mengetahui apakan akan dilakukan refocusing dalam APBD 2021, hingga saat ini ada dana sebesar 66,9 miliar rupiah untuk penanganan Covid-19.

“Dengan angka kasus (Covid-19) sekian ini tidak membuka tidak menutup kemungkinan (akan dilakukannya refocusing),” tuturnya.


Sumber: dprd-diy.go.id

KOMENTAR

Nama

artikel bantul berita Berita Foto FPKS DIY gunungkidul Infografis Kota Jogja kulonprogo kutipan berita nasional seputar diy sleman
false
ltr
item
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta: Wakil Ketua DPRD DIY Harap Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro Terarah
Wakil Ketua DPRD DIY Harap Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro Terarah
Huda Tri Yudiana, berharap agar Pemda DIY dapat memfasilitasi pelaksanaan PPKM secara mikro sehingga tidak seluruhnya menggunakan alokasi dana desa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1i-BioRRVNNSmpetuNWA-AuvKq1pOakFTx0AYTVz1vcBj_HxHweBPU_MqJymzmXEA6wQZ9IWEudoIhd-x9ZCy38vluIEqPQL1dful9r86x1X8WvX_xQaw_A8ii5d2mrZyipxU5bkIZEE/w400-h268/IMG-20210209-WA0008.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1i-BioRRVNNSmpetuNWA-AuvKq1pOakFTx0AYTVz1vcBj_HxHweBPU_MqJymzmXEA6wQZ9IWEudoIhd-x9ZCy38vluIEqPQL1dful9r86x1X8WvX_xQaw_A8ii5d2mrZyipxU5bkIZEE/s72-w400-c-h268/IMG-20210209-WA0008.jpg
PKS Daerah Istimewa Yogyakarta
http://jogja.pks.id/2021/02/wakil-ketua-dprd-diy-harap-pelaksanaan.html
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/
http://jogja.pks.id/2021/02/wakil-ketua-dprd-diy-harap-pelaksanaan.html
true
2917298055194715103
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy